Pentingnya Privasi Data di Era Digital

Pentingnya Privasi Data di Era Digital

Pada zaman yang serba teknologi ini, privasi data menjadi suatu hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Privasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai "kebebasan, keleluasaan pribadi", sedangkan data menurut KBBI berarti "keterangan yang benar dan nyata." Dalam ranah internet, privasi data dapat disimpulan sebagai suatu kebebasan pribadi dalam menggunakan, menyimpan, dan menjaga keterangan pribadi yang benar dan nyata.

Akan tetapi, tampaknya, banyak orang yang belum memahami tentang pentingnya privasi data. Padahal, privasi data sangat penting bila kita setiap hari berurusan dengan internet dan memasukkan data pribadi kita pada halaman-halaman yang kita kunjungi, seperti dalam media sosial, pendaftaran suatu akun, dll. Oleh karena itu, kita sebaiknya memerhatikan secara cermat data yang kita masukkan ke dalam internet agar terhindar dari penyalangunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga privasi data pribadi kita, antara lain memerhatikan setiap data pribadi yang kita kirimkan di internet, rajin mengganti kata sandi akun media sosial kita secara rutin, tidak memberikan data pribadi kita kepada orang yang tidak kita kenal di internet, tidak mengunjungi atau terpancing halaman yang mencurigakan seperti phising, dll. 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Singkat Tentang Ulang Tahun

Contoh Puisi Alam Indonesia

Cerita Pendek: Misteri Pencurian di Sekolah