Fisika Kelas 10: Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)



Pertama-tama, terdapat tiga sifat umum gerak yang kita bicarakan disini, yaitu :

1. Gerak hanya berada di sepanjang garis lurus
2. Gaya (dorongan dan tarikan) menyebabkan gerak, tetapi tidak akan dibahas disini
3. Objek bergerak dapat berupa partikel atau objek yang bergerak seperti partikel (mobil yang sedang berjalan dapat dipertimbangkan bergerak sebagai sebuah partikel)

Berikut adalah pembahasan gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) serta rumus gerak lurus beraturan (GLB) dan rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu partikel dengan kecepatan konstan. Artinya, kecepatan tiap waktu pada saat pergerakan tidak akan berubah. Untuk mencari jarak, kita harus menentukan titik asal sebuah partikel. Biasanya titik asal ini adalah titik nol pada suatu sumbu, seperti sumbu x. Perubahan posisi satu ke posisi dua disebut perpindahan atau delta x. Dapat ditulis sebagai berikut:

Contohnya, bila sebuah mobil berada dalam posisi x = 5 m lalu bergerak sepanjang sumbu x dan berakhir di x = 9 m, maka perpindahannya adalah 9 m - 5 m, yaitu 4 m.

Selanjutnya, bila kita ingin mengetahui seberapa cepat mobil itu bergerak maka hal itu yang disebut kecepatan rata-rata, yaitu rasio perpindahan delta x yang terjadi selama interval waktu tertentu (delta t). Dapat ditulis sebagai berikut:

Terakhir, bila kita ingin mengetahui kelajuan rata-rata yang bergantung kepada total jarak yang sudah ditempuh, dapat dihitung melalui

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Di sisi lain, terdapat jenis gerak yang disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Dalam GLBB, kecepatan benda berubah-ubah terhadap waktu yang diakibatkan oleh adanya percepatan. Namun, percepatannya konstan. Untuk menghitungnya, dapat digunakan rumus-rumus sebagai berikut:

Itulah pembahasan singkat dan rumus gerak lurus beraturan (GLB) serta gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Bila ada kesalahan dan pertanyaan silakan cantumkan di kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Singkat Tentang Ulang Tahun

Contoh Puisi Alam Indonesia

Cerita Pendek: Misteri Pencurian di Sekolah