Cara Install Java di Windows

Setelah lama tidak menulis, kali ini saya ingin membagikan cara meng-install Java di sistem operasi Windows. Sedikit pendahuluan, Java adalah high-level programming language atau bahasa pemrograman tingkat tinggi karena bahasa Java dapat dengan mudah dibaca dan dipahami manusia. Dengan kata lain, bahasa Java mirip dengan bahasa alamiah atau dalam hal ini adalah bahasa Inggris. Java dapat digunakan untuk mengembangkan program di berbagai platform, baik dekstop ataupun mobile. Java dikembangkan oleh James Gosling pada tahun 1990. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa namanya Java, seperti nama pulau di Indonesia? Jadi, Pak Gosling mendapatkan inspirasi nama Java saat meminum kopi Java (kopi yang berasal dari Jawa). Oleh karena itu, lambang Java seperti segelas kopi panas, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Tidak usah panjang lebar lagi, mari kita simak bagaimana cara install Java di Windows. Sebelum itu, ada hal yang perlu Anda pahami:

Perbedaan Singkat JRE dan JDK

Saya akan menjelaskan secara singkat perbedaan JRE dan JDK.

1. JRE (Java Runtime Environment) merupakan sebuah package yang dibutuhkan untuk menjalankan program Java yang sudah di-compile, tetapi dengan hanya meng-install JRE, kita tidak bisa mengembangkan atau membuat program Java di komputer kita. 
1. JDK adalah singkatan dari Java Development Kit. JDK adalah serangkaian alat yang diperlukan jika Anda ingin mengembangkan program Java serta menjalankannya di komputer Anda. Di dalam JDK sudah terdapat JRE.

Saya tidak akan secara detail menjelaskan perbedaan JRE dan JDK karena itu bukan fokus utama artikel ini. Jika Anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, banyak sumber yang terdapat di internet atau Anda bisa melihat link yang saya cantumkan di akhir artikel ini.

Cara Install Java di Windows

A. Berdasarkan artikel sebelumnya, jika Anda ingin menjalankan program Java saja, seperti beberapa software yang membutuhkan Java, install Java melalui link di bawah ini:

B. Jika Anda sekaligus ingin mengembangkan program Java, seperti Anda ingin belajar memrogram, install Java melalui link ini: 

Dalam artikel ini, saya hanya akan menjelaskan cara install JDK saja, yaitu poin B. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silakan buka link https://www.oracle.com/java/technologies/downloads/. Setelah Anda membuka linknya, tampilannya akan seperti di bawah ini. Pilih tab "Windows" dan klik link download yang deskripsinya "x64 Installer". Versi JDK yang saya unduh adalah versi 17. Versi yang Anda unduh bisa lebih baru daripada versi sejak artikel ini dibuat. Jadi, tidak perlu khawatir. Tunggu file selesai terunduh.



2. Setelah file berhasil diunduh, klik dua kali file tersebut. Jika muncul tampilan pertanyaan "Do you want to allow this app to make to your device?", klik "Yes".

3. Berikutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik "Next". 


4. Berikutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik "Change..." jika Anda ingin mengubah lokasi install Java. Jika tidak, langsung saja klik "Next".


5. Tunggu proses instalasi selesai.
 

6. Proses instalasi selesai. Jika Anda ingin melihat dokumentasi Java silakan klik "Next Steps". Klik "Close" jika tidak.


7. Berikutnya, kita akan menambah path direktori Java sehingga program Java dapat dijalankan pada direktori selain direktori tempat Java di-install. HAL INI HARUS DILAKUKAN. Silakan menonton video YouTube di bawah ini. Selain itu, Anda dapat mencari caranya pada sumber lain dengan kata kunci "cara mengatur path java" atau "how to set path for java".


8. Terakhir, untuk melihat apakah Java sudah ter-install dengan penuh, silakan pergi ke pencarian Windows, cari Command Prompt lalu buka. Alternatif lain, pada keyboard klik Windows + R, lalu ketik cmd dan klik "Run".

9. Ketik perintah "java -version" tanpa tanda petik. Jika hasilnya seperti dibawah ini, maka lanjutkan ke langkah ke-10. Jika tidak, seperti 'java' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file atau pesan kesalahan lain, kemungkinan besar terdapat kesalahan saat mengatur path Java. Tampilan yang muncul bisa berbeda dari gambar di bawah tergantung versi yang Anda unduh.


10. Ketik perintah "javac -version" tanpa tanda petik. Tampilan yang muncul bisa berbeda dari gambar di bawah tergantung versi yang Anda unduh. Selamat! Anda telah berhasil meng-install Java di komputer Anda.


Jadi, begitulah cara install java di Windows. Jika Anda memiliki kendala, silakan sampaikan di kolom komentar, Mudah-mudahan saya bisa membantu. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat belajar memrogram dengan Java!

Comments

Popular Posts