Mengapa Pendidikan di Indonesia Belum Maju?


Mungkin beberapa dari kita sering bertanya-tanya, mengapa pendidikan di Indonesia belum maju dibandingkan negara lain? Sebenernya apa yang salah dari pendidikan di Indonesia? Tentu saja, banyak sekali penjelasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebenarnya, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kita jawab sendiri. Saya ingin merangkum pertanyaan di atas menurut opini saya yang bersifat subjektif. Jadi, jawaban-jawaban ini belum tentu benar, melainkan hanya berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini. 

1. Pendidikan yang masih melihat hasil bukan proses.

Apakah anda pernah dicap bodoh saat mendapatkan nilai jelek? Ataupun sebaliknya, apakah anda pernah dicap pintar saat mendapatkan nilai bagus? Akhirnya kita sendiri berlomba-lomba mendapatkan nilai yang bagus atau masuk sekolah yang bagus agar bisa dicap pintar oleh orang lain. Contoh kecil yaitu saat kita bersekolah dan terdapat ulangan suatu mata pelajaran tertentu. Tentu saja, agar mendapatkan nilai yang bagus atau kita sendiri yang malas untuk mengikuti remedial jika mendapatkan nilai dibawah KKM, akhirnya, kita mengakali agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Tidak peduli apa prosesnya, yang penting mendapatkan nilai yang bagus. Padahal, proses saat kita belajar suatu hal justru sangat penting dan dengan proses yang baik dan benar pula kita bisa mendapatkan hasil yang baik. 

Dengan pendidikan yang lebih berorientasi kepada hasil daripada proses, banyak orang yang tidak peduli dengan proses yang dijalani saat belajar. Akhirnya, terbentuk pola pikir, "Yang penting nilai bagus dan masuk sekolah favorit." Banyak siswa yang lebih memilih menyontek saat ulangan karena yang dituntut adalah agar mendapat hasil yang bagus. Banyak yang membeli kunci jawaban ujian nasional agar mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga bisa mendapatkan sekolah yang diinginkan. Lebih parahnya lagi, ada oknum guru yang sengaja membocorkan kunci jawaban kepada siswa-siswanya agar sekolah tersebut bisa naik peringkat dalam hal nilai ujian nasional.

Dengan demikian, kita mengabaikan pentingnya proses dalam pendidikan. Padahal, proses adalah bagian terpenting yang dapat bermanfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun nanti saat lulus sekolah. Dengan belajar, kita dilatih untuk berpikir kritis yang dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mungkin secara tidak sadar dapat kita rasakan manfaatnya.

2. Pendidikan yang belum merata.

Mungkin kita sudah mengetahui masalah yang satu ini. Pendidikan yang belum merata disebabkan pembangunan yang masih belum merata ke seluruh daerah di Indonesia. Sedikitnya sekolah yang terdapat di daerah pedalaman dan sulitnya akses ke sekolah masih menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan pemerintah. 

3. Masih banyak kualitas sekolah yang belum memadai.

Kualitas sekolah yang belum memadai dapat kita temukan di sekolah-sekolah yang berada di daerah yang jauh dari pusat perkotaan. Banyak bangunan sekolah yang tidak layak pakai. Atapnya lapuk, dinding yang keropos, dll. Selain itu, kualitas serta jumlah tenaga pengajar yang tidak memadai juga menjadi persoalan yang harus dituntaskan. Pemerintah sebaiknya mengalokasikan lebih banyak lagi dana pendidikan untuk pembunganan sekolah-sekolah yang tidak layak.

4. Jam belajar yang panjang tetapi tidak efisien.

Jika saya ditanya sebagai murid, apakah jam belajar di sekolah efisien? Saya menjawab tidak karena dengan jam belajar dari pagi hingga sore dengan berbagai macam jenis pelajaran akan membuat siswa jenuh dan akhirnya pelajaran yang disampaikan di sekolah pun tidak akan dengan baik diresapi oleh siswa. Sekolah menjadi suatu beban karena jam belajar yang cukup panjang, Walaupun jam belajar cukup panjang, tetapi pembelajaran pun masih belum efisien. Sering adanya guru yang tidak masuk kelas, dsb. Menurut saya, sebaiknya jam belajar di sekolah dikurangi sedikit tetapi tingkat kondusif suasana belajar lebih diperbaiki lagi. Jangan sampai jam belajar yang panjang membuat siswa menjadi tidak dapat memahami berbagai macam pelajaran yang ada dalam suatu hari tertentu. Alangkah baiknya, dalam satu hari lebih difokuskan ke dalam beberapa mata pelajaran saja agar ilmu yang didapat dapat dipahami dengan baik.

Itulah beberapa masalah pendidikan di Indonesia yang seharusnya kita perhatikan bersama. Sekali lagi, hal-hal di atas hanya opini penulis. Jika ada perbedaan pendapat, mari kita diskusikan di kolom komentar. Terima kasih.

Lihat juga:



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Pidato Singkat Tentang Ulang Tahun

Contoh Puisi Alam Indonesia

Cerita Pendek: Misteri Pencurian di Sekolah